10 Cara SMART Bisnis Online di Facebook

Cara SMART memulai Bisnis Online di Facebook

Cara SMART Bisnis Online di Facebook, Pada artikel sebelumnya, Anda telah mengetahui perbedaan antara Bisnis Online dan Jualan Online.

Dan saya yakin, setelah Anda mempelajarinya, Anda akan memulai membangun bisnis Online Anda ( bukan sekedar jualan Online ) dengan memanfaatkan Facebook sebagai media marketing Online.

Bukan rahasia lagi jika Facebook saat ini menjadi Media Social terbesar didunia.

Menurut Data yang Saya dapat dari Internet World Stats,  saat ini Jumlah pengguna Facebook mencapai 2,1 Miliar di seluruh dunia.

Data pengguna internet dan Facebook di dunia

Dari jumlah 2,1 Miliar Pengguna Facebook, 50,4 % diantaranya pengguna yang berasal dari Asia.

Di India, Pengguna Facebook mencapai 251 Juta akun yang terdaftar sekaligus menjadikan India sebagai pengguna Facebook terbesar di dunia.

Sementara Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook mencapai lebih dari 136 Juta akun. Angka ini akan terus tumbuh seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet baru, semakin terjangkaunya harga smartphone dan semakin luasnya jaringan internet.

Data pengguna internet dan Facebook di Asia dan Indonesia

Jadi tidak heran jika banyak pengusaha yang memanfaatkan Facebook sebagai media untuk promosi dan meningkatkan Omset penjualan.

Selain Biaya promosi yang lebih murah, menjalankan bisnis di Facebook ternyata lebih efektif dan efisien, karena Anda dapat menentukan calon konsumen dengan lebih tertarget.

Simak perbedaan, Kekurangan & kelebihan menjalankan marketing Online dan Offline disini.

Dari sekian banyak pengusaha Online yang menjalankan kegiatan promosinya di Facebook, Banyak yang merasakan peningkatan hasil penjualan yang signifikan.

Beriklan di Facebook ternyata dapat memberikan dampak positif bagi brand produk dan Perusahaan.

Produk Anda semakin mudah dikenal dengan biaya promosi yang relative lebih terjangkau jika dibandingkan dengan promosi secara Offline.

Apakah Anda saat ini sedang menjalankan bisnis dan  juga tertarik memanfaatkan Facebook sebagai media promosi sakaligus media penjualan?

Sebelum Anda memulai menjalankan kegiatan marketing Anda melalui Facebook, Ada baiknya Anda mengetahui cara smart untuk cepat sukses bisnis Online di Facebook.

Sebenarnya, pada awal pembuatan Facebook ditujukan untuk bersocial melalui media internet, namun pada perkembangannya Facebook juga dapat dijadikan sebagai media selling atau jualan.

Nah, agar bisnis Anda dapat diterima dengan baik di Facebook maka Anda perlu mengikuti 10 Cara smart bisnis online dibawah ini :

10 Cara smart memulai Bisnis Online di Facebook?

Untuk memulai menjalankan bisnis Online, dengan mendapatkan hasil maksimal dari kegiatan promosi Anda, Maka Anda dapat mengikuti 10 Cara smart memulai bisnis Online di Facebook sbb:

1. Memilih Produk

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis Online di Facebook tentunya Anda harus menentukan terlebih dahulu, Produk apa yang akan Anda jual.

Ada ratusan atau bahkan ribuan produk dan jasa yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis Online Anda.

Namun Jika Anda ingin tetap semangat dalam menjalankan bisnis Anda, Anda dapat menjual produk yang sesuai dengan Niche atau hobi Anda.

Contoh Jika Anda seorang pecinta burung, Anda dapat memulai bisnis jual beli burung perkutut atau murai.

Atau Jika Anda hobi dalam dunia IT atau marketing Online, Anda dapat memulai Usaha dengan menjual Produk digital atau Tools Marketing.

Anda juga dapat menjual produk - produk yang terbukti sangat laris dipasaran seperti produk Kecantikan.

Anda juga dapat menjual produk yang jangka panjang dan tidak mengenal musim seperti Produk Herbal. Produk herbal cenderung memiliki resistensi yang lebih bagus dibanding produk - produk lain. Bahkan dalam kondisi krisis karena serangan virus Korona, produk herbal justru mengalami peningkatan penjualan.

2. Mencari Suplier

Setelah Anda menentukan produk apa yang ingin Anda jual, Langkah selanjutnya adalah menemukan Suplier. Jika Anda seorang Produsen produk, maka langkah kedua ini relative lebih mudah untuk Anda lewati.

Namun jika Anda seorang pemula yang belum bisa memproduksi produk sendiri, maka Anda dapat menemukan Suplier produk Anda di pencarian google.com.

Berhati - hatilah dalam mencari suplier, karena di dunia Online sangat rawan dengan penipuan. yang secara tidak langsung akan berimbas pada diri Anda sebagai penjual yang jujur dan Amanah. dan memberi dampak buruk pada bisnis Anda

Baca Juga : Tips memilih Suplier produk yang Amanah. ( Tunggu updatenya )

3. Menentukan Target Market

Kini saatnya Anda menentukan target market dari Produk anda. Target market adalah kumpulan Orang yang nantinya akan Anda jadikan sebagai target penjualan produk Anda.

Kelihatannya sepele, namun Menentukan target market diawal sangat berpengaruh pada hasil penjualan Anda nantinya.

Dan umumnya pebisnis Online pemula tidak memiliki kemampuan membuat sebuah riset kecil untuk menentukan target market.

Jika Anda juga masih bingung dalam menentukan target market di Facebook untuk produk Anda, Anda dapat melakukan riset kecil seperti dibawah ini.

Cotoh saat ini Anda sedang menjalankan bisnis hijab. Maka akan mengidentifikasi calon konsumen yang memiliki kemungkinan besar membeli produk Anda dengan hasil riset sbb :

Kriteria Target Market Potensial :
1. Jenis Kelamin : Wanita
2. Umur : 17 - 55 Tahun.
3. Tempat berkumpul di dunia Maya : Group pengajian / Majelis taklim, Group Muslimah Preneur, Group Wanita sholihah dan Lain - lain.
4. Tempat tinggal : Semua Kota
5. Penghasilan : Jika produk hijab Anda berkualitas dengan harga premium, tentunya Anda tidak dapat mentarget semua wanita.

Jika Anda sudah melakukan riset target market untuk produk Anda, simpan baik - baik catatan Anda dan lanjutkan langkah ke 4.

Baca Juga : Cara Cerdas menentukan target market. ( Tunggu Updatenya )

4. Membuat akun Facebook baru

Anda sudah memiliki akun Facebook? gunakan saja untuk keperluan pribadi Anda.

Buatlah akun Facebook baru untuk keperluan bisnis Anda dengan Nama Brand Bisnis Anda.

Ada 2 hal penting yang harus Anda perhatikan saat Anda membuat akun Facebook baru untuk bisnis Anda,

Pertama, Gunakanlah Photo Profile yang profesional, Bisa menggunakan Logo bisnis Anda, Photo terbaik Anda, atau Photo Produk Anda.

Mengapa ini penting?

Photo Profile adalah cara pertama Orang mengenal Anda, Jika Photo profile Anda memberikan kesan baik dimata Orang Maka Anda dapat lebih mudah diterima oleh banyak Orang. 

Selain itu Photo profile yang profesional akan meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen. Seperti yang Anda tau, mustahil terjadi penjualan tanpa adanya kepercayaan.

Kedua, Nama Akun. Buatlah Nama yang menggambarkan bisnis Anda, Jadi ketika Orang melihat Nama Anda, mereka akan menganggap Anda seorang pebisnis Profesional.

" Agen Herbal " rasanya terlalu umum, bagaimana jika " Biohalty Official " atau " Abimanyu Herbal Center " Rasanya lebih menarik.

5. Tambahkan Teman sesuai Target Market

Sekarang saatnya Anda menambahkan teman, Dan karena akun Facebook yang Anda buat adalah akun Facebook untuk bisnis maka tambahkan teman yang masuk dalam kriteria target market yang sudah Anda buat diatas.

Caranya cukup mudah, Carilah Group - group facebook dimana target market Anda sering berkumpul (Buka lagi hasil riset Anda ). Gabunglah ke group - group tersebut dan mulailah tambahkan teman yang menurut Anda paling berpotensial membeli produk Anda.

Tips, Pilih akun yang paling sering memberikan interaksi seperti like dan komen di group, ini menandakan dia aktif di Facebook.

6. Bangun Interaksi

Jika Anda sudah mengumpulkan target market dalam pertemanan Anda, Jangan langsung ngegas posting penjualan secara fulgar, ingat Anda sedang Berbisnis Online bukan jualan Online. jadi ada tahap - tahap yang harus Anda lalui.

Bangunlah sebuah kedekatan dengan teman - teman baru Anda difacebook, caranya dengan berinteraksi dengan postingan / status yang mereka buat dengan memberi like, komen atau share status yang menurut Anda bagus dan bermanfaat.

Kelihatannya sederhana, tapi ini berpengaruh pada bisnis Anda kedepan.

7. Buatlah status / postingan yang mengundang interaksi.

Agar anda mendapatkan feedback yang baik dari teman facebook Anda, buatlah postingan / status facebook yang menarik dan mengundang interaksi.

Misalnya Anda berikan tebak - tebakan kreative, sharing pengalaman atau sebuah pertanyaan yang memicu teman facebook Anda untuk memberikan komentar.

Misalnya : " Halo bun karena pandemi covid dan lockdown di tempat saya, sore ini cukup masak sayur asem, sambel terasi, tempe goreng plus peyek kacang untuk menu berbuka, Kalo bunda pada masak apa hari ini? ( sertakan photo ) "

Anda dapat berkreasi sendiri untuk update postingan / status yang sesuai dengan bisnis Anda.

Atau Anda dapat menggunakan teknik copywriting dalam status Anda seperti Covertselling, Story telling atau Soft Selling.

Contoh Status promosi dengan teknik selling :

" Halo bun boleh minta pendapatnya? dari 4 Model hijab dibawah, mana ya yang paling bagus. rencana mau saya tembahkan ke koleksi produk terbaru toko saya. Dan sebagai tanda terimakasih saya akan memberikan secara cuma - cuma untuk 3 komentar terbawah dan share ostingan ini. terima kasih ya Bun "

Menurut Anda, kira - kira banyak gak yang ingin menjadi 3 komentator terbawah? Prosuk Anda akan langsung Booming karena banyak yang share postingan Anda.

Atau Anda dapat membuat status seperti ini : " Alahmdulillah Kios cabang baru Khadijad Hijab selesai dibangun, Awalnya Mau pindahan minggu ini Namun Karena ada kendala harus ditunda hingga bulan depan, Mohon do'anya ya Bun "

Ini trik promosi, sederhana tapi powerfull.

8. Menyiapkan Banner Produk / Promosi

Setelah Anda mulai dikenal Oleh teman - teman facebook Anda sebagai seorang pebisnis hijab, buatlah banner produk / banner promosi di setiap postingan promosi yang Anda buat.

Banner promosi yang profesional akan membuat branding bisnis Anda semakin bagus dimata konsumen Anda.

Untuk membuat banner ada 2 Cara yang bisa Anda tempuh,

Pertama, membayar atau merekrut karyawan dengan keahlian desain. Anda harus menginvestasikan uang Anda untuk ini, Namun kelebihannya Anda dapat fokus dalam melakukan promosi.

Kedua, Anda membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi desain yang populer seperti Photoshop atau Corel Draw. Anda harus menginvestasikan waktu untuk belajar ini.

Namun jika Anda ingin membuat Banner promosi dengan cara yang sangat mudah, Anda dapat menggunakan Template power point untuk membuat Banner Promosi Profesional.

9. Membuat Landingpage / Toko Online

Agar kegiatan promosi Anda lebih powerfull Anda perlu menggunakan media marketing lain seperti Landingpage atau Toko Online.

Landingpage dan toko online adalah 2 media marketing online yang banyak digunakan oleh master digital marketing saat ini sebagai ujung tombak penjualan.

2 Media marketing Online ini terbukti mampu meningkatkan omset penjualan di bisnis Online.

Dan jika Anda ingin membuat Landingpage dan toko Online untuk bisnis Anda, pilihlah web developper yang dapat dipercaya dan bukan hanya bisa membuat landingpage namun juga dapat membuat copywriting nya agar Landingpage yang Anda buat dapat menhasilkan konversi maksimal.

Dan karena Anda seorang pemula dan mempertimbangkan harga sebagai faktor utama, Saya merekomendasikan Web Preneurs selain desain Landingpage dan toko online nya yang bagus, harganya juga sangat ekonomis karena Web Preneurs memiliki motto "ramah UKM".

Mengapa Anda harus membuat Landingpage / Toko Online?

Tahukah Anda jika banyak dari orang yang membaca postingan promosi Anda secara diam - diam mencari Informasi pembanding di Google?

Ya, ketika mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan mereka tidak serta merta membeli langsung kepada Anda, mereka akan melakukan pencarian di Google. umumnya mereka ingin menemukan sumber produk yang Anda tawarkan. mereka mencari web resminya.

dan faktanya banyak terjadi kasus " Yang promosi siapa, belinya ke siapa ".

Banyak Orang kehilangan calon konsumen potensial hanya karena calon konsumennya mencari informasi lain di google.

Nah untuk mengantisipasi atau meminimalisir kejadian diatas, Anda dapat menggunakan Link Landingpage / Toko Online Anda yaang Anda tautkan disetiap postingan Anda.

Jadi pembaca merasa, membeli ditempat Anda lah pilihan terbaik bagi mereka.

10. Menyiapkan Copy Iklan

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuat Copy iklan yang menarik pembaca. Anda harus menyiapkan copy iklan yang berbeda setiap harinya agar promosi Anda tidak terkesan monoton dan membosankan.

Untuk menulis Iklan yang menarik Anda perlu membuat judul yang menarik minat baca.

Contoh : " Ganti Warna Tanpa Perlu Mengganti Jilbab " atau " Jilbab 2 Warna Bolak-Balik. Ukuran Jumbo, Harga Jilbab Biasa ".

Baca selengkapnya, 101# Trik membuat judul iklan yang menarik minat baca Disini.

Untuk membuat Copy iklan yang meggoda pembaca, Anda dapat menemukan dalam postingan Contoh Iklan.

Penutup

Lakukan Langkah - langkah diatas setahap demi setahap, untuk sukses di bisnis Online membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda harus bersedia menginvestasikan waktu Anda untuk malaui proses dan belajar meningkatkan skill bisnis Anda.

terkadan Anda juga harus menginvestasikan sedikit Uang Anda untuk membeli Tools marketing, membuat Landingpage maupun toko Online.

Namun apakah Anda tau,

Pepatah mengatakan " Hasil tak pernah membohongi Usaha ".

Jadi apapun yang Anda lakukan untuk mengembakan bisnis Anda di dunia Online, akan memberikan Anda peluang lebih besar untuk sukses dari sekedar jualan Online.

Mudah - mudahan bermanfaat.

Rekomendasi untuk Anda :

Contoh kalimat foloow Up Pemesanan | ini penting Anda pelajari sehingga Anda tau apa yang harus Anda lakukan saat Promosi yang Anda lakukan sudah ada interaksi pemesanan.




Nulisiklan.com

No comments for "10 Cara SMART Bisnis Online di Facebook"

Berlangganan via Email