7 Perbedaan Bisnis Online dan Jualan Online | Anda Tau?

Perbedaan Bisnis Online dan Jualan Online

Perbedaan Bisnis Online dan Jualan Online, Berbisnis Online tidak sama dengan Jualan Online, Catat!

Jika Anda ingin sekedar jualan Online, Maka Anda dapat memulainya sekarang juga. Yang penting Anda sudah memiliki produk yang akan Anda jual.

Anda dapat promosi jualan secara fulgar di setiap status yang Anda unggah. Yang penting Anda promosi yang penting teman facebook Anda tau kalau Anda jualan produk.

Tapi cara seperti ini tidak direkomendasikan Oleh semua master digital marketing.

Cara seperti itu dianggap sia – sia dan membuang – buang waktu. Ini bisa Anda lihat dari seberapa banyak orang yang me like dan komen status penjualan Anda.

Bahkan teman – teman facebook Anda mulai risih dengan status jualan Anda yang bertubi – tubi dan monoton, Teman – teman Anda mulai meninggalkan Anda karena merasa hanya  Anda jadikan sebagai objek penjualan.

Dan ternyata memang benar, banyak Pebisnis pemula yang merasa putus asa menjalankan bisnis Online karena tidak mendapatkan hasil maksimal akibat dari cara promosi / marketing yang salah.

Baca Juga : Contoh iklan produk yang menarik pembaca

Lalu Bagaimana dengan Bisnis Online?

Teman, Pada hakikinya Orang itu senang belanja meskipun tidak suka dijadikan Objek penjualan. Anda bisa melihat dari semakin meningkatnya nilai penjualan yang terjadi melalui bisnis Online.

Nah, Jika Anda ingin sukses dalam bisnis Anda maka Anda harus mengetahui perbedaan antara jualan Online dan Bisnis Online, agar Anda dapt menentukan arah perkembangan bisnis Anda.

Dan Anda beruntung menemukan Postingan Ini, Karena Anda akan memahami perbedaan Antara jualan Online dan bisnis Online di Facebook.

Perbedaan Bisnis Online Dan Jualan Online di Facebook


Untuk Anda yang Awam pasti punya anggapan bahwa bisnis Online dan jualan Online itu pengertiannya sama, Hanya perbedaan istilah penyebutan saja.

Namun bagi para Master digital marketing, menganggap bahwa bisnis Online dan jualan Online memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Lalu apa saja perbedaan itu?

Sepanjang pengetahuan penulis dari pendapat para pakar marketing Online, setidaknya ada 7 Hal yang membedakan Antara bisnis Online dan jualan Online.

1. Jualan Online Dapat dimulai dalam waktu singkat, Bisnis Online memerlukan waktu lebih lama untuk memulai.

Jika Anda hanya ingin sekedar jualan Online di Facebook, anda dapat memulai kapanpun Anda mau. Anda hanya membutuhkan smartphone, kuota internet dan akun facebook untuk memulai mempromoskan produk Anda.

Anda dapat mempromosikan produk Anda dalam postingan / status yang anda ungah di facebook.

Namun Jika Anda ingin berbisnis Online di Facebook, Anda membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk memulainya karena Anda harus menyiapkan system penjualan. Anda juga wajib menyiapkan media promosi Online seperti membuat Website / Landingpage / Toko Online. Membuild Up Fans page untuk membangun Leads, dll.

Tentunya Anda membutuhkan Investasi lebih besar di Awal untuk menjalankan bisnis Online.

Namun Jika Anda seorang Pemula Anda dapat memulai dengan jualan Online sambal Anda terus belajar dan menyiapkan system untuk perkembangan bisnis Anda.

2. Jualan Online sekedar jualan, bisnis Online membangun system.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Jualan Online di Facebook hanya sekedar jualan tanpa perlu persiapan apapun.

Sedangkan bisnis Online Anda perlu menyiapkan Sistem untuk bisnis Anda mulai dari membuat logo bisnis, Nama Brand Bisnis anda, Menyiapkan Fanspage, Membuat Copywriting, Mendesain banner produk & Bannner Promosi.

Anda juga harus menyiapkan Sebuah Website untuk memudahkan calon konsumen Anda menemukan bisnis Anda. Mmebuat Landingpage untuk membangun Leads Anda yang nantinya Anda jadikan target market produk Anda.

Atau Jika Anda memiliki Banyak Produk Anda harus membuid Up sebuah Toko Online agar calon konsumen Anda data dengan mudah melihat dan memilih koleksi produk Anda.

3. Jualan Online Dikerjakan sendiri, Bisnis Online Dikerjakan secara Teamwork

Perbedaan selanjutnya adalah, memulai jualan Online dapat Anda kerjakan sendiri karena Anda hanya membutuhkan jaringan Internet dan akun Facebook untuk memulainya.

Sedangkan untuk menjalankan bisnis Online, Karena Anda tidak mungkin menghandle semuanya sendiri Anda harus membangun sebuah Tim bisnis, tentunya dengan keahlian yang berbeda dan expert di bidangnya masing – masing.

Misalnya, Anda harus merekrut Ahli desain grafis untuk membuat banner produk dan & promosi agar bisnis Anda terkesan professional.

Anda harus merekrut Seorang Costumer service yang humble untuk menghandle Fanpage Anda agar lebih banyak yang tertarik untuk bergabung di Fanspage Anda.

Anda harus merekrut Copywriter untuk membuat konyen iklan bisnis Anda agar tidak terkesan monoton.

Anda harus merekrut Web designer untuk membuat sebuah Landingpage atau took Online yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda,

Anda harus merekrut Orang untuk mengurusi pesanan, Packing dan proses pengiriman, dll.


4. Jualan Online membutuhkan Modal Kecil, Bisnis Online Investasi awal lebih besar.

Anda hanya membutuhkan Smartphone dan kuota internet sebagai modal awal, Anda dapat memulai jualan Online tanpa harus memiliki stok produk. Anda hanya perlu mencar suplier produk yang memberikan layanan dropship.

Sementara bisnis Online membutuhkan investasi bisnis yang tidak sedikit karena harus menyiapkan semua media promosi yang notabenenya bernilai hingga jutaan rupiah


5. Jualan Online bekerja setiap hari, Bisnis Online memiliki lebih banyak waktu luang.

Untuk mendapatkan hasil dalam kegiatan promosinya, jualan Online harus melakukan posting promosi setiap harinya, bahkan harus lebih sering dalam membuat update status jualan.

Sedangkan Berbisnis Online lebih fleksible karena semua bekerja dengan system.

Jualan Online dapat digambarkan seperti Cicak yang harus bekerja setiap hari jika ingin medapatkan makanan.

Sementara bisnis Online dapat digambarkan seperti laba – laba yang membangun sebuah jarring untuk menangkap hewan lain sebagi santapannya.

Diawal -awal, laba – laba memang harus bekerja lebih keras, bahkan lebih sering menahan lapar, namun Ketika jarring laba – laba selesai dibuat, Laba – laba hanya tinggal santai tanpa harus bekerja, mangsa sudah dating dengan sendirinya.

Kerjaannya tinggal Photo – photo, Jalan – jalan, makan – makan.

6. Jualan Online berorientasi keuntungan, Bisnis Online memberikan manfaat banyak Orang.

Perbadaan Lainnya, Umumnya penjual Online hanyamementingkan keuntungan dari hasil penjualan produknya.

Sementara Bisnis Online Selain mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk, juga dapat memberikan manfaat baik kepada Timnya maupun kepada pembelinya sendiri.

Contoh : Dalam bisnis Online ada intilah yang sangat popular yaitu “ Sharing – sharing dahulu, Selling – selling  kemudian “ Artinya, bisnis Online itu lebih mendahulukan memberi manfaat kepada calon konsumen sebelum mendapatkan benefit / keuntungan.

Contoh Lain, Dalam bisnis Online sering memberikan bonus seperti ebook, tutorial, atau ilmu pengetahuan lain yang pastinya bermanfaat untuk konsumennya.

7. Jualan Online penghasilan terbatas, Bisnis Online penghasilan tanpa batas.

Dan Perbedaan terakhir dari Jualan Online dan bisnis Online adalah prospek penghasilan yang berbeda.

Jualan Online memiliki prospek penghaislan yang terbatas karena hanya mengandalkan jualan di akun facebook nya.

Seperti yang Anda tau, Facebook hanya membatasi hanya 5000 Orang yang bisa kita jadikan sebagai teman.

Mungkin Anda bisa melebarkan jangkauan dengan melakukan promosi di Group jual beli Facebook, Namun hasilnya tetap tidak maksimal, karena umumnya yang tergabung dalam group Jual beli adalah seorang pedagang seperti Anda.

Sedangkan Bisnis Online memiliki Jangkauan yang lebih luas, Landingpage dan Toko Online yang sudah Anda bangun dapat menjangkau 175 Juta pengguna Internet di Indonesia, bahkan dapat diakses oleh semua pengguna Internet di dunia.

Dengan sistem yang sudah diciptakan, memungkinkan Anda dapat membentuk jaringan distrbusi yang lebih luas dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Anda dapat membentuk keagenan disetiap kota, Karena dimata Konsumen, Bisnis Anda terkesan Profesional dan memiliki kredibilitas yang baik.

Kesimpulan.

Meskipun Bisnis Online dan jualan Online memiliki kemiripan, Namun dari penjelasan diatas dapat kita lihat perbedaan yang sangat jelas diantara keduanya, seperti :

Waktu persiapan, sistem yang dibangun, Tim yang terlibat, Modal awal yang dibutuhkan, Cara kerja, media promosi hingga perbedaan potensi penghasilan yang sangat berbeda.

Dari sini Anda dapat memahami sekaligus menentukan kemana arah marketing anda, apakah sekedar jualan di Facebook atau membangun bisnis Online yang hasilnya dapat Anda nikmati dalam jangka waktu panjang, bahkan saat Anda menghabiskan waktu bersama keluarga.

Penutup

itulah 7 Perbedaan yang wajib Anda tau jika Anda ingin serius terjun dalam bisnis Online, Sehingga Anda mengetahui langkah apa yang harus Anda siapkan untuk membuat bisnis Anda berkembang.

Selanjutnya, setelah Anda memahami perbedaan Bisnis Online dan jualan Online, Kini saat nya Anda mengetahui apa Saja yang harus Anda persiapkan Untuk memulai bisnis Online di Facebook, sehingga Anda dapat mendapatkan hasil maksimal dalam waktu yang lebih cepat.

Rekomendasi Untuk Anda : Panduan digital Marketing Untuk Pemula


Nulisiklan.com

No comments for "7 Perbedaan Bisnis Online dan Jualan Online | Anda Tau?"

Berlangganan via Email