Panduan Lengkap | Teknik Covert Selling dalam iklan

Panduan lengkap teknik Covert selling dalam iklan

Panduan Lengkap | 101 Teknik Covert Selling dalam iklan

Anda sudah berupaya keras untuk melakukan promosi di Media social, namun Anda belum mendapatkan hasil maksimal?

Setiap kali posting status, tak satupun pembaca yang komen atau sekedar memberi like di status Anda. Dan Anehnya, semakin sering Anda melakukan promosi semakin banyak teman facebook yang memutuskan untuk Unfriend.

Karena dimata mereka, Anda tak ubahnya seperti virus yang harus dihindari.

Dan sebelum Anda putus asa, dan berhenti menjalankan bisnis Anda. Ada baiknya Anda belajar tentang cara promosi dengan teknik Covert selling.

Postingan ini akan membantu Anda menemukan cara memperbaiki iklan Anda selama ini.

Anda akan belajar salah satu teknik menjual yang telah digunakan Oleh pakar penjualan. Bukan hanya marketing professional di Indonesia, tapi juga di dunia.

Ya, dalam postingan artikel kali ini Anda akan belajar teknik Covert Selling.

Jika Anda ingin menjual lebih banyak tanpa harus menjadi penjual yang menyebalkan, Maka Anda wajib mempelajari teknik Covert selling dalam kegiatan promosi Anda.

WHAT IS COVERT SELLING?

Apa Covert selling itu? Bahasa sederhananya adalah cara menjual tanpa terkesan jualan.

Promosi tapi tidak terlihat seperti Promosi?

Ya, itulah Teknik COVERT SELLING yang akan kita bedah kali ini.

Hentikan semua aktifitas Anda, karena sebentar lagi Anda akan mengetahui Teknik rahasia jualan, tapi tidak seperti jualan.

Duduk yang nyaman,
Siapkan segelas kopi,
Matikan semua Notif HP Anda,
Dan Fokuslah membaca….

Teman,
Promosi / Iklan adalah hal yang paling menjengkelkan dimata konsumen ( Termasuk Anda ), mata mereka ( secara reflek ) cepat sekali ingin menghindar dari setiap promosi iklan yang muncul dihadapannya, mereka tidak ingin menjadi objek penjualan. meskipun sejatinya,mereka senang belanja bahkan mungkin produk Anda lah yang selama ini mereka cari.

Anda masih ingat saat menonton TV, Iklan adalah moment yang paling Anda tidak sukai. Anda Berusaha sekeras mungkin untuk menemukan remot Controle TV Anda, Karena Anda tidak ingin melihat satu pun dari iklan yang sedang tayang.

Dan saking jengkelnya, para Advertiser ( Jasa Penayang Iklan ) menyisipkan iklannya dalam sebuah adegan tambahan ( yang mengada -ada ) dalam sinetron yang sedang Anda tonton. Kreative sih, meski sedikit memaksa, dan tetap menyebalkan!

Apa Pentingnya COVERT SELLING untuk kegiatan promosi Anda?

Anda melihat banyak Penjual Online yang menulis copy iklan yang justru membuat risih para pembaca.

Banyak konten promosi yang secara terang – terangan menyuruh pembaca untuk membeli produk yang ditawarkan.

Pertanyaannya, Apakah Anda akan membeli sesuatu dari Orang yang belum Anda kenal? Apakah Anda langsung percaya kepada Orang yang berpromosi ditengah banyaknya penipuan di dunia maya?

Calon konsumen tidak akan serta merta membeli sesaat setelah membaca iklan Anda. Mereka ingin dibujuk bahwa produk Anda adalah produk  yang mereka butuhkan dan mereka akan mendapatkan solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi atau hidup mereka menjadi lebih baik setelah menggunakan produk Anda.

Kesalahan terbesar para penjual Online, ketika mereka membuat konten iklan yang secara fullgar menunjukkan Hard selling Dengan menggunakan Huruf BALOK yang terkesan memaksa.

Dan inilah pentingnya Anda mempelajari teknik COVERT SELLING, agar Anda dapat berjualan tanpa terkesan seperti jualan.
Baca Juga : Terlengkap | 101 Trik membuat judul iklan yang menghipnotis pembaca

Lalu bagaimana cara menerapkan teknik Covert selling dalam iklan?

Simak baik – baik dan fokuslah membaca!

Cara menulis iklan / promosi dengan menggunakan teknik Covert selling?

1. Buatlah konten iklan dalam sebuah cerita

Sekalipun banyak orang tidak senang membaca iklan, Namun menurut hasil penelitian, Orang akan dengan senang hati membaca iklan yang dikemas dalam sebuah cerita.

Studi kasus :
Produk Anda dapat membantu seorang yang mengidap penyakit Asam urat akut, hingga tidak bisa berjalan karena rasa sakitnya.
Disini Anda dapat menceritakan kepada Audience Anda tentang pengalaman konsumen Anda yang sembuh setelah mengkonsumsi produk Anda. Ceritakan kepada Audience Anda kebahagiaan yang didapat konsumen Anda setelah terbebas dari penyakit asam urat yang diderita.

Anda dapat menunjukkan masalah yang awalnya mereka hadapi, bagaimana produk Anda menjadi solusi terbaik dari permasalahan yang mereka hadapi.

Pembaca iklan Anda akan senang membacanya karena ini adalah situasi kehidupan nyata dan mereka akan menghubungi Anda jika mereka mengalami masalah yang sama.

Disini Anda bercerita, namun ada niat berjualan yang tidak terlihat oleh pembaca. Inilah teknik Covert Selling.

Dalam teknik Covert selling biasanya tidak menggunakan teknik Call To Action atau sebuah kata yang memeritahkan pembaca untuk memesan atau membeli.

Kamlimat covert selling biasanya justru diakhiri dengan tanda baca titik, layaknya sebuah artikel cerita


2. Sampaikan Testimoni pada pembaca iklan Anda.

Anda tau, Konsumen di Indonesia cenderung lebih menyukai produk yang punya banyak testimoni. Sekalipun Produk Anda bukan produk Premium, Namun jika banyak testimony yang Anda sampaikan, akan meningkatkan niat beli calon konsumen Anda.

Disini Anda harus rajin ngumpulin testimoni dari konsumen yang sudah merasakan manfaat dari produk Anda.

Pastinya gak semua bagus, tapi ini baik untuk bisnis Anda. yang jelek Anda kumpulkan, jadikan sebagai masukan untuk perbaikan internal, dan testimoni yang bagus boleh screenshoot untuk penguat promosi.

Jadi Double Impact!

Testimoni produk bisa anda dapatkan dari chat Whatsapp atau media perpesanan lainnya, gunakanlah testimony yang Original bukan chat testimony yang Anda buat sendiri.

Anda juga dapat membuat testimony dengan gambar before After, 2 Photo dalam 1 Gambar yang menunjukkan bahwa produk Anda benar – benar bekerja.

Anda juga dapat menggunakan Video testimony jika Anda menggunakan Youtube sebgai media promosi.

3. Memberi Edukasi pada Pembaca.

Mengajar adalah cara terbaik untuk menjual. Dengan menawarkan saran / Konsultasi gratis, Anda akan terlihat sebagai Penjual professional yang hanya menginginkan yang terbaik bagi pelanggannya dan karena itu mereka akan lebih cenderung membeli dari Anda.

Seperti yang Anda lihat, masing-masing teknik ini akan membantu Anda untuk menjual tanpa terkesan menjual.

Konsumen Anda akan lebih senang dengan Anda, bahkan rindu dengan tulisan – tulisan Anda.

Covert Selling untuk Iklan di media Social?

Pernah baca iklan seperti ini di Media Social?

“Dijual Pemutih, Pelangsing, Pemulus, Penggemuk, Pemancung, penjepit, Penghilang jerawat, Penghilang Komedo, Pengencang, Pembesar, dijamin Original, hubungi segera 0888 Semua”

Kalau di dunia nyata, seperti 1 stiker ukuran ½ Folio yang ditempel di pintu Angkot, Metromini dan tiang-tiang listrik dengan tulisan: “Ingin ukuran 2 Kali lebih panjang dari sekarang? Hubungi 0888 SEMUA”

Jangankan membeli…
Mata Anda tiba-tiba perih karena melihatnya!

Tapi ada juga yang diam2 mencatat Nomor kontaknya ( Mungkin termasuk Anda ) Haha…,
mereka yang sudah kebelet, kepepet karna lama gak menemukan solusi dan gak mikir akibatnya..
tipe konsumen yang lemah iman, hatinya mudah goyang, terbuai janji manis dalam iklan…

Lalu bagaimana dengan Copy ( isi ) iklan Anda???

Hal yang sama Akan Anda rasakan saat Anda promosi di Media Social. Apalagi jika Anda promosi tanpa menggunakan Teknik dalam menulis materi promosi. Aroma Hard selling dapat tercium kental bahkan oleh seorang pengguna baru media Social.

Cara iklan yang salah akan berdampak pada branding Anda dimata teman dan calon konsumen Anda. Mereka akan menganggap Anda seperti akun SPAM, yang harus segera scrool kebawah setiap kali melihat profile Anda di beranda mereka.

Ingat, Hard Selling hanya akan bekerja efektif jika calon konsumen Anda adalah HOT Market, dan akan sia – sia jika target market Anda Cold Market atau Warm Market.

Lalu bagaimana cara menggunakan Teknik Covert Selling dalam iklan di status Facebook?

Tulis iklan Anda Seperti orang berbagi pengalaman pribadi atau Orang lain, dan secara halus mengajak orang untuk mencoba produk Anda dan merasakan pengalaman yang sama dengan Anda.

Kunci Teknik “covert selling” terletak pada kejujuran, tidak lebay, dan bukan cerita yang Anda karang atau rekayasa.

Ukuran standarnya adalah hati Anda sendiri, Hanya ALLAH dan Anda lah  yang tau.. apakah tulisan yang Anda sebar di Media sosial itu benar atau hanya cerita yang Anda karang dengan motif keuntungan?

Dengarkan Saya
Screenshot chat testimoni dari pelanggan bisa dibuat dan direkayasa sendiri, Sangat Mudah, Hanya dengan  modal Android yang double kartu, Lalu Instal 2 Aplikasi WA dalam Android Anda.

Chat sendiri, puji-puji produk sendiri.
Buat percakapan seolah-olah konsumen merasa sangat puas dengan produk Anda, terus Screenshot.. lalu sebar sebagai pemikat iklan!!!

Tapi Saya yakin, Anda adalah Pedagang Profesional yang menjunjung kejujuran.

Dan Anda tau jika bisnis Anda kerjakan dengan cara yang tidak baik, maka hasilnya juga tidak baik.

Hasilnya mungkin banyak, Tapi akan kehilangan berkahnya…

Sebelum Anda menggunkan teknik Covert Selling dalam status Facebook Anda, ada beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai formula dasar dalam penulisan sebuah iklan Facebook dengan teknik Covert Selling dibawah ini :

3 Formula Covert Selling Dalam Iklan

Formula #1. CURIOSITY – Rasa Penasaran

Dalam formula kalimat covert selling ini, Anda membuat kalimat yang bikin orang jadi penasaran dan mencari tahu maksud kata “Curiosity” itu kepada penulis, baik dengan cara komentar langsung di Facebook, atau melalui chat messenger.

Formula Covert Selling #2. AMBIGUITY – Bermakna Ganda

Dalam Formula covert selling kedua ini Anda menggunakan kata-kata yang bermakna GANDA dalam copy iklan Anda, seperti kata banyak, luar biasa, keren dan laris.

kenapa bermakna ganda?

Contoh kata laris, Tidak ada yang bisa menjadi patokan untuk menggambarkan kata laris?

Pembali Anda sudah mencapai 10 orang kah, atau produk Anda sudah terjual 100 pcs kah, tidak ada keterangan pasti yang menjelaskan tentang kata laris.

Formula Covert Selling #3. EMOTIONALLY – Bersifat Emosional

Kalau Formula Covert selling yang satu ini lebih mirip teknik story telling, yaitu dengan membuat sebuah cerita yang menggugah emosional pembaca, namun dalam isi ceritanya ada penawaran produk yang tersembunyi.

Dan biasanya Formula ini membuat si pembaca justru lebih fokus pada ceritanya, dan “iklan” yang Anda sisipkan dalam cerita akan masuk ke alam bawah sadar pembaca, tanpa disadari oleh pikiran sadarnya.
Baca Juga : 5 Formula Menulis Iklan yang Menghipnotis Pembaca

Sekarang Anda telah memahami tentang :

Apa itu Covert Selling,
Apa pentingnya Covert selling untuk bisnis Anda,
Manfaat Covert selling bagi bisnis Anda,
Cara menerapkan Teknik Cover selling dalam iklan
Formula Kalimat Covert selling dalam status facebook Anda.

Pada bagian akhir, untuk memudahkan Anda dalam menemukan ide dalam membuat kalimat promosi untuk bisnis Anda, Penulis akan memberikan beberapa contoh kalimat iklan yang menggunakan teknik covert selling.

Diharapkan dengan contoh kalimat iklan ini, dapat membantu Anda untuk lebih mudah memahami tentang teknik Covert selling dalam iklan.

Contoh Kalimat Covert Selling dalam Iklan Facebook

Berikut contoh singkat covert selling, yang bisa Anda gunakan untuk posting di sosial media agar postingan iklan Anda terhindar dari kesan promosi.

Contoh kalimat covert selling Penawaran bisnis:

“Masya ALLAH, Bonus yang kemarin aja belum abis, sekarang udah masuk lagi bonus minggu ini. Produknya Winning banged, Laris manis dipasaran jadi gampang ngejar omsetnya….. Ternyata bisnis Online itu mudah ya, bisa di kerjain  dari rumah. Asal ada kemauan, ada yang bombing dan produk banyak yang nyari, rekening terus terisi...
Alhamdulillah”

*Pembaca akan penasaran dan ingin tau lebih banyak tentang Profile Anda.

Contoh kalimat Covert selling Produk herbal:

“Alhamdulillah! Baru jam 10 Pagi sudah beres packing orderan Produk herbal ( Sebutkan Nama Produk Anda ) ke 37, Masih ada sisa 20 Lagi.Mudah2 an bisa terkirim semua hari ini. Gak nyangka, meski ukurannya kecil herbal ini bisa menambah durasi bercinta 2 kali dari biasanya, Kata konsumen saya! Padahal umurnya sudah 45. Haha…

*Kira – kira Pembaca status Anda ingin tau gak, ap aitu si kecil???

Contoh kalimat covert selling Produk Digital:

“Kaget! Abis subuh buka chat banyak pesan masuk pengen jadi agen. Ternyata mereka tau dari landingpage yang saya buat kemarin …………. ( Masukkan link landingpage Anda ) Agak capek sih responnya, tapi seneng, seneng banged!Haha…

*Pembaca pasti penasaran dan akan buka link Landingpage Kamu.

Contoh kalimat covert selling penawaran Bisnis MLM:

“Melihat Ibu mengemas koper untuk persiapan berangkat Umroh, saya ikut menangis bahagia! Bisnis Skincare yang saya jalani selama 4 bulan ini mampu mewujudkan Impian Saya memberangkatkan Umroh Ibu tercinta.
Inilah kebahagiaan terbesar Saya, Alhamdulillah!”

*Target Market Anda akan bertanya kepada Anda tentang bisnis Skincare yang Anda ceritakan.

Contoh kalimat covert Selling produk Hijab :

“Baru dibuka Penjualan jilbab edisi Ramadhan, Langsung habis diskon promo untuk 100 pembeli pertama”

“Gak nyangka, Model hijab terbaru dari Elzada Olshop jadi tren setter ramadhan tahun ini”

Contoh kalimat covert Selling jasa Travel Umroh :

Alhamdulillah, 200 Jama’ah Umroh yang berangkat melalui travel Abata Tour travel tiba dibandara dengan selamat.

Dari wajah mereka, saya lihat kebahagiaan luar biasa. Saya juga bersyukur bsa memberikan service terbaik untuk mereka.

Dan rencananya hari ini, penyerahan cinderamata Sajadah khas kerajaan mesir. Mudah – mudahan mereka senang.

Contoh kalimat covert Selling Produk Property

Baru 7 hari pre launching sudah 50 unit habis di booking. Sepertinya mereka tidak mau kehabisan slot promo gratis satu unit kitchen set yang saat ini tinggal tersisa 10 saja.

Perumahan Matapro memang terlihat berbeda dengan yang lainSelain DP bisa diangsur, juga dibantu pengurusan pembiayaan KPR di perbankan syariah.

Contoh kalimat covert Selling Produk Kecantikan.

Maaf ya temen – temen, saya close facebook dulu hari ini. Karena saya harus focus Packing 115 pemesanan ( Sebutkan nama produk Anda ).

Maklum, konsumen sudah gak sabar dan pengen cepet – cepet pakai Cream pemutihnya.

Contoh kalimat covert Selling produk herbal :

Seminggu lalu saya ngirim 2 botol herbal Diabetes ke saudara dikampung, katanya sudah sebulan ini luka di kaki nya tidak kering – kering karna gula darah.

Tapi Alahmdulillah hari ini mulai sudah mongering setelah rutin minum herbal diabetes yang saya kirim.

* Akan lebih powerfull jika Anda sertakan foto screenshotnya.

Catatan :

Anda bisa mengedit atau mengkombinasikan Contoh – contoh kalimat Covert selling diatas sesuai dengan produk dan testimony dari konsumen Anda.

Saya yakin Anda punya pengalaman menarik dari konsumen yang sudah menggunakan produk Anda.

Tugas Anda hanya mengemasnya dalam bentuk cerita singkat yang Anda tuangkan dalam Satus Facebook Anda.

Penutup

Siap Praktek???

Mulai saja, jangan menunggu terlihat sempurna. Seburuk apapun hasil yang akan Anda dapatkan, jauh labih baik dari kesempurnaan yang tidak pernah terwujud.

Baca juga : Panduan Lengkap | Trik Story Telling dalam menulis iklan.



No comments for "Panduan Lengkap | Teknik Covert Selling dalam iklan"

Berlangganan via Email