Digital Marketing #bagian1

Digital Marketing Bagian 1

Digital Marketing Bagian 1

Mengenal Digital Marketing, Perbedaan Digital Marketing dengan Offline Marketing, Dan Manfaat Digital Marketing untuk bisnis Anda.

Apakah Anda salah satu dari pebisnis yang ingin memulai menggunakan kemudahan teknologi Internet sebagai salah satu media promosi yang efektif dan powerfull?

Teman, Sebaik apapun kualitas produk yang Anda tawarkan akan percuma apabila tidak ada orang yang mengetahui atau mengenal produk Anda.

Oleh karena itu peran dan strategi marketing yang tepat sangat dibutuhkan untuk bisnis yang Anda jalankan.

Apalagi di era global saat ini, marketing yang dilakukan melalui media digital atau yang biasa dikenal dengan Digital Marketing memberikan pengaruh yang berbeda pada kesuksesan penjualan produk maupun jasa.

Nah, apa sebenarnya yang bisa Anda dapatkan dari Digital marketing ini? Saya  akan mengulasnya  pada postingan yang berisi 862 kata ini.

ini akan menjadi postingan yang mengawali pembahasan kita mengenai Digital Marketing, khususnya pembahasan mengenai perbedaan dari Digital Marketing dan Offline Marketing yang dilihat dari dampaknya serta range biaya yang digunakan pada keduanya.

Dalam postingan ini Anda akan mengetahui Apa itu Digital Marketing, Apa perbedaan Digital marketing dan Offline marketing  Keunggulan digital marketing disbanding Offline Marketing.

Apa saja keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan metode Digital marketing untuk bisnis Anda dan juga cost yang dibutuhkan serta impact yang diberikan dari aktifitas digital marketing.

Perbedaan Digital Marketing dan  Offline Marketing

apa sih Digital Marketing itu?

Digital marketing adalah aktifitas marketing / Promosi yang menggunakan teknologi Internet seperti Website Company Profile, Landingpage, Toko Online, Media Sosial, Aplikasi perpesanan, Media Sosial, dll.

Sedangkan Tradisional Marketing / Offline marketing Adalah kegiatan marketing / Promosi yang tidak menggunakan teknologi Internet seperti televise, Radio, Billboard, Brosur, Famplet, Spanduk, dll.

Kedua metode Marketing ini, baik Digital marketing maupun Offline marketing sama – sama dibutuhkan oleh Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis.

Namun setiap metode marketing selalu memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing.

Lalu apa saja keunggulan promosi melalui digital marketing dibandingkan dengan promosi melalui teknik tradisional atau Offline Marketing?

Keunggulan Dan kekurangan Digital marketing dibanding Offline Marketing

Jika Anda ingin mendapatkan hasil Maksimal dari aktifitas marketing yang Anda jalankan, sebaiknya Anda memahami Kelebihan dan kekurangan strategi marketing yang akan Anda gunakan untuk mengenalkan produk Anda ke calon konsumen.

Seperti yang Anda tau, perkembangan teknologi saat ini memberikan pilihan Alternatif yang bisa digunakan dalam menjalankan aktifitas promosi selain menggunakan metode tradisional marketing / Offline Marketing,

Lalu apa perbedaan, Keunggulan dan kekurangan dari Teknik marketing tersebut?

Yang Pertama,  Jangkauan Audiens / Target Market

Digital Marketing memiliki jangkauan Audiens / target market yang lebih luas.

Jika Anda menggunakan Digital marketing untuk bisnis Anda, Anda dapat menjangkau Calon konumen yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Bali, Makassar, Papua dan semua Wialayah yang ada di Indonesia.

Tentunya wilayah - wilayah yang memiliki akses jaringan Internet.

Sedangkan untuk Offline Marketing seperti Radio, Bilboard, Brosur, dll. Anda hanya dapat menjangkau Audiens atau calon konsumen yang lebih sempit.

Yang Kedua, Inteaction & Engagement.

Jika Anda melalkukan aktifitas Online Marketing seperti di Social Media, Customer Anda dapat melakukan Like, Komen dan share konten yang Anda berikan.

Sednagkan untuk Offline Marketing sifatnya satu arah, artinya konsumen tidak dapat melakukan interaksi dengan pesan atau Informasi yang Anda sampaikan.

Yang Ketiga, Real Time Result

Di Digital marketing Anda dapat mengetahui dan mengukur hasil dari marketing / promosi Anda ketika aktifitas marketing / promosi Anda sedang berjalan.

Sedangkan untuk Offline marketing, Anda dapat mengetahui hasil dari aktifitas marketing atau promosi Anda setelah kegiatan promosi Anda berakhir.

Yang Keempat adalah Quick and Easy.

Digital marketing dapat di set Up lebih cepat. Artinya Anda dapat memulai aktiftas promosi, meng update konten marketing dan menyebarkan promosi Anda dengan lebih cepat, dengan jangkauan wilayah dan calon konsumen yang lebih luas.

Sedangkan untuk Offline marketing, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengupdate materi promosi yang sedang berjalan, seperti mendesai brosur, mencetak brosur dan menyebar brosur ke calon konsumen.

Kelima, Audiens yang lebih tertarget.

Dengan Anda menggunakan digital marketing untuk bisnis Anda, Aktifitas promosi Anda akan semakin efektif. Fitur dari Google Ads, FB Ads, IG Ads memungkinkan Promosi yang Anda jalankan dapat mentarget calon konsumen yang potensial.

Sedangkan Metode Offline kurang efektif karena aktifitas promosi Anda tujukan ke semua Orang.

Yang terakhir adalah Cost Efficient

Digital marketing membutuhkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Offline marketing, Namun Meskipun Digital marketing berbiaya lebih murah, Digital marketing dapat memberikan Impact yang lebih besar untuk bisnis Anda.

Mengapa biaya Digital marketing lebih murah jika dibandingkan dengan Offline marketing?

Karena proses produksi dan distribusi digital Marketing menggunakan teknologi Internet dan Komputer. Sedangkan untuk offline marketing memerlukan proses produksi dan distribusi yang jauh lebih lama.

Nah setelah melihat dan mengetahui segala keunggulan Digital Marketing disbanding Offline Marketing, Saya rasa Anda mulai mengerti mengapa Digital marketing menjadi suatu aktifitas yang penting mengembangkan bisnis Anda di era digital saat ini

Ok teman, demikian ulasan awal mengenai Digital marketing.

Sekarang Anda sudah mengetahui Apa itu Digital Marketing, Apa saja keuntungan Anda dapatkan dengan menggunakan metode Digital marketing untuk bisnis Anda dan juga cost yang dibutuhkan serta impact yang diberikan dari aktifitas digital marketing.

Selanjutnya, Dalam Postingan Berikutnya Anda dapat belajar mengenai Digital Marketing dengan mengklik judul - judul Artikel sbb :

1. 10 Cara Smart memulai bisnis Online di Facebook
2. Perbedaan Bisnis Online dan Jualan Online

Pastikan Anda tidak ketinggalan dari satupun materi DIGITAL MARKETING dengan memasukkan email Anda di kolom Subscribe.

Materi akan secara otomatis terkirim ke Email Anda, dan Anda dapat membacanya kapan saja.


No comments for "Digital Marketing #bagian1"

Berlangganan via Email